Selasa, 20 Januari 2015

Tips-tips Perawatan Hardware Komputer


Seperti halnya peralatan yang lain, komputer kita pun memerlukan perawatan yang rutin agar tidak cepat rusak dan tentu saja kinerjanya tetap optimal. Dan karena sistem komputer terdiri dari hardware dan software, maka perawatannyapun harus dilakukan secara hardware dan software pula.

Untuk perawatan hardware komputer secara garis besar ada beberapa tindakan yang harus kita lakukan, diantaranya:

1. Menempatkan Komputer pada tempat atau ruangan yang tidak panas, memiliki aliran sirkulasi udara yang baik dan tidak berdebu.

Hal ini sangat diperlukan untuk menghindari terjadinya overheat (panas berlebih) pada hardware komputer seperti processor, vga card, motherboard, power supply dan sebagainya. Alangkah baiknya juga untuk komputer yang biasa dipakai terus-menerus untuk ditempatkan di ruangan ber-AC. Apabila komputer akan ditempatkan di ruangan yang panas atau berdebu, maka sebaiknya dibuat lemari khusus untuk tempat komputer yang dilengkapi dengan kipas  dan saringan udara. Berikut adalah contohnya:
                                                  


2. Membersihkan debu yang menempel baik pada bagian luar maupun bagian dalam casing CPU.

Khusus untuk membersihkan debu pada bagian dalam casing, sebaiknya dilakukan beberapa bulan sekali tergantung dari banyaknya debu yang menempel pada komponen hardware seperti power supply dan motherboard.
                                                

Gambar diatas merupakan salah satu contoh betapa banyaknya debu yang menempel pada bagian dalam CPU khususnya pada bagian fan dan heatsink Processor. Pembersihan dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan kuas dan vacuum cleaner atau lebih baik lagi menggunakan angin dari kompresor sehingga pembersihan debu bisa maksimal.

3. Gunakan Stabilizer atau UPS

Menggunakan Stabilizer dimaksudkan agar aliran listrik yang masuk ke Power Supply senantiasa terjaga kestabilannya. Prinsip kerja alat ini adalah adalah dengan menggunakan trafo step-up dan step down, sehingga apabila tegangan supply turun maka tegangan output akan dinaikkan dan sebaliknya, saat tegangan supply naik maka tegangan output akan diturunkan. Stabilizer atau Stavol (Stabilizer Voltage) bentuknya seperti gambar dibawah:
                                          

Akan lebih baik lagi kalau menggunakan UPS (Uninteruptable Power Supply) sehingga bisa menjaga komputer dari kehilangan power listrik secara tiba-tiba, karena dalam alat ini terdapat baterai sebagai tempat penyimpanan daya listrik.

4. Merawat LCD Monitor

Bagi Anda yang menggunakan monitor LCD, hindari menyentuh permukaan layar secara langsung untuk menghindari timbulnya kotor atau tergores. Apabila terlanjur kotor maka bersihkanlah dengan menggunakan cairan khusus pembersih LCD dengan menggunakan kain lap yang halus dan hindari menekan permukaan LCD. Ada baiknya juga untuk menggunakan screen protector LCD untuk menjaga monitor dari terkena goresan.

5. Merawat Laptop

Khusus untuk komputer jenis laptop saya telah menulis tips cara merawat laptop ini dalam artiekl 9 Tips Cara Merawat Laptop.

Tidak ada komentar:

coba aja,, untung lohh,,

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Pengikut Bogq